Pages - Menu

Kamis, 19 Agustus 2010

Komponen-Komponen Penting Komputer


Pernahkah Anda mencoba Untuk membuka casing CPU Untuk sekedar membersihkan debu yang menempel? Jika Anda pernah melakukan hal tersebut pasti Anda pernah melihat Motherboard, Ram, Harddisk dan masih banyak lagi. Adapun diantara komponen – komponen yang Anda lihat merupakan salah satu komponen penting dalam computer Anda. Mari kita simak ulasan berikut tentang komponen penting dalam computer kita.



·         CPU (Central Processing Unit)
Apa itu Processor? Processor merupakan hal terpenting dalam sebuah computer, karena adalah pusat pengandalian(otak) dari komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz),semakin besar nilainya maka semakin cepat proses kerja komputer. Processor tidak bisa langsung kita lihat karena tertutupi oleh fan yang bertugas Untuk menjaga suhu Processor agar stabil.
Contoh Processor Intel:
Intel Pentium 4







Contoh Processor AMD:
AMD Athlon











·         Memory Utama (RAM dan ROM)
Siapa yang tak tahu memory, yang berfungsi Untuk menyimpan segala data maupun program. Sebenarnya ada banyak jenis memory, namun yang kita bahas kali ini adalah memory utama yang ada pada computer kita. Check it out!
o   RAM
Bagi Anda yang pernah meng’upgrade’ computer pasti pernah mendengar istilah RAM atau Random Acces Memory. Memory ini dapat dirubah isi kandungannya, data maupun program dapat diubah-ubah. Contohnya adalah : DDRAM,SDRAM,SRAM,dll

o   ROM
Memory ROM (Read Only Memory) biasanya sudah terpasang/terdapat di BIOS, yang berada di Motherboard. Memory hanya dapat dilihat dan dibaca saja datanya maupun programnya. Fungsi dari ROM ini adalah untuk men-setting peripheral yang ada pada system. Contohnya adalah : AMIBIOS, AWARD BIOS, dll


·         I/O Device
Ketika anda mengetik, apa alat yang Anda gunakan? Pasti anda menggunakan keyboard. Lalu ketika anda sedang mendengarkan music alat apa yang Anda gunakan? Pasti salah satunya menggunakan speaker. Alat – alat tersebut termasuk I/O Device atau Input or Output Device. Bagaimana cara membedakannya? Mari kita bahas bersama diulasan berikut.
o   Input Device
Memasukkan data kedalam computer disebut dengan meng’input’. Sehingga bisa dikatakan bahwa Input Device adalah peralatan yang digunakkan Untuk memasukkan data ke dalam computer. Juga dapat dikatakan bahwa I Device adalah alat yang mengubah buah pikir kita kedalam bentuk maya yang berada di dalam computer. Berikut beberapa contoh I Device.
§  Mouse
§  Keyboard
o   Output Device
Saat Anda menge’print’ sebuah dokumen maka data yang terlihat di monitor anda akan keluar menjadi sebuah tulisan di sebuah kertas. Hal tersebut dikatakan sebagai meg’output’, yang bisa disimpulkan bahwa Output Device Merupakan peralatan Untuk mengubah bentuk maya yang ada di computer menjadi bentuk nyata, visual maupun audio (mengeluarkan data dari computer). Contohnya,
§  Monitor 
§  Printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya yakin, Anda pembaca baik yang pastinya akan meninggalkan komentar :)